Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Minggu, 26 April 2015

Pengertian Merk (Brand) Menurut Para Ahli

| Minggu, 26 April 2015
Apa Itu Merk (Brand)?

Definisi Merek (Brand) - Merek atau merek dagang adalah nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk/jasa dan menimbulkan arti psikologis/asosiasi.

Menurut para ahli, definisi brand (merek) adalah: 
  1. Brand atau merek adalah janji penjual untuk menyampaikan kumpulan sifat, manfaat, dan jasa spesifik secara konsisten kepada pembeli (Kotler, Armstrong, 1997:283). 
  2. Brand adalah ide, kata, desain grafis dan suara/bunyi yang mensimbolisasikan produk, jasa, dan perusahaan yang memproduksi produk dan jasa tersebut (Janita, 2005:15). 
  3. King dalam Temporal, dan Lee (2002:46) mengatakan bahwa produk adalah sesuatu yang dibuat didalam pabrik, merek adalah sesuatu yang dibeli oleh konsumen. Produk dapat ditiru pesaing, merek adalah unik. 
Brand adalah identitas tambahan dari suatu produk yang tak hanya membedakannya dari produk pesaing, namun merupakan janji produsen atau kontrak kepercayaan dari produsen kepada konsumen dengan menjamin konsistensi bahwa sebuah produk akan selalu dapat menyampaikan nilai yang diharapkan konsumen dari sebuah produk.






Referensi:
Amstrong, G. & Kotler. P. 1997. Prinsip-prinsip pemasaran. Cetakan pertama. Jakarta: Erlangga.
Dewi, Janita Ike. (2005). Perspektif Baru dalam Strategi Branding. Amara Books, Jakarta.

Sekian Pengertian Merk, Semoga Bermanfaat....!!!

Related Posts